Monday, June 9, 2008

APA ITU VAKSIN COMBO?

Oleh dr.Naharus Surur,M.Kes


Apa yang dimaksud dengan Vaksin Kombo?
Istilah ‘kombo’ tidak hanya digunakan dalam paket suatu makanan, namun kini sudah merambah sampai ke dunia kedokteran. Vaksin Kombo adalah gabungan beberapa antigen tunggal menjadi satu jenis produk antigen untuk mencegah penyakit yang berbeda. Misalnya, vaksin DPT digabung dengan vaksin Hepatitis B atau Hib (haemophillus influenza tipe B), atau gabungan dari beberapa antigen dari galur multiple yang berasal dari organism penyebab penyakit yang sama misalnya, Vaksin OPV= oral polio vaccine terdiri dari gabungan virus polio galur 1,2, dan 3. Gabungan vaksin tersebut telah dikemas oleh pabrik bukan oleh petugas
Lebih efektif mana antara Vaksin Kombo dengan Vaksin monovalen (vaksin single)?
Berdasarkan penelitian dari Thailand menyimpulkan bahwa pada vaksin kombo memberikan imunogenitas yang tinggi terhadap semua antigen, tanpa mempengaruhi respon imun satu sama lainnya.
Menurut penelitian di Mexico, Santos J juga menyimpulkan bahwa setelah pemberian dosis kedua proporsi titer antibody anti Hbs Ag(ambang pencegahan kadar anti HbsAg adalah 10 IU/ml) pada kelompok DPwT-HepB lebih tinggi (94,9%) dibandingkan pemberian secara terpisah (66,1%).
Juga direkomendasikan oleh The Advisory committee on Immunization Practices (ACIP), the American Academy of Pediatrics (AAP) dan the American Academy of Family Physicians (AAFP) agar lebih baik menggunakan ‘vaksin kombo’ yang telah dikemah oleh pabrik dari pada memberikan 2 jenis vaksin monovalen yang diberikan secara terpisah pada bersamaan.



Apa tujuan Vaksin Kombo?
Adapun tujuan kenapa kita menggunakan vaksin kombo adalah:
1. Mengurangi jumlah suntikan
2. Mengurangi jumlah kunjungan ke fasilitas kesehatan (sehingga sangat menguntungkan untuk ibu yang sibuk).
3. Lebih praktis dari pada vaksin terpisah, sehingga dapat meningkatkan compliance dan cakupan imunisasi.
4. Mempermudah penambahan vaksin lain ke dalam program imunisasi yang telah ada.
5. Mempersingkat waktu untuk mengejar imunisasi yang terlambat.
6. Mengurangi kebutuhan alat suntik dan tempat penyimpanan vaksin.
7. Mengurangi biaya pengobatan.
Jadwal Imunisasi Vaksin Kombo
Pemberian vaksin kombo DPwT-Hep B atau DPwT- Hib dapat dimasukkan dalam jadwal imunisasi IDAI (ikatan dokter anak Indonesia) dengan beberapa pilihan jadwal seperti tertera pada tabel dibawah ini:

Vaksin kombo DPwT-Hep B dalam jadwal imunisasi






No comments: