Tuesday, June 17, 2008

APA ITU SARS (2)

RAWAT SUSPECT CASE:
Rawat Inap adalah pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bagian Penyakit Infeksi , dimana pasien menginap sedikitnya 1 (satu) hari berdasarkan rujukan dari Triage Instalasi Rawat Darurat।Petugas perawatan telah melakukan Standart Universal Precaution।Semua penderita yang telah memenuhi gejala SARS dan telah dilakukan seleksi pada Triage Instalasi Rawat Inap.
RAWAT PROBABLE CASE :
Adalah penderita yang dirawat dengan SUSPECT SARS dan hasil Foto Toraks terdapat gambaran Infiltrat unilateral/bilateral. Oksigenasi, pertahankan O2 > 90 %Hidrasi Yaitu dengan pemasangan infus (Dapat RL / Dextrose)Berikan antibiotik yang mencakup kuman atipik, dianjurkan: Pneumonia ringan, dapat diberikan golongan betalaktam+, antibetalaktamase IV, (+) New Makrolide atau golongan Respiratory Flouroquinolon IV. Pneumonia sedang/berat:: respiratory Flouroquinolon IV, bila disertai / dipikirkan dengan infeksi pseudomonas maka selain respiratory Flouroquinolon ditambahkan cefalosporin generasi ke III antipseudomonas atau karbapenem, ditambah lagi dengan aminoglikosida.Pada kasus berat, berikan steroit dosis tinggi, Metil Prednisolon 250 - 500 mg/hari yang dibagi dalam dua dosis ( pemberian Inravena) selama tiga hari, kemudian dilakukan tappering off.Sebaiknya sejak awal masuk rawat isolasi sudah diberikan antivirus dengan dosis awal ( ribavirin ) 2 gr, kemudian 1 gr setiap enam jam selama empat hari atau diberikan 500 mg setiap delapan jam selama 4-6 hari. Pada kasus dengan RDS ataupun berkembang menjadi RDS, maka dilakukan pengobatan sesuai prosedur RDS sebagimana lazimnya.

ICU ISOLASI:
Frekuensi napas lebih dari 30 kali/menitpaO2 / FiO2 <> 4 jamCreatinin serum > = 4 mg/dl.
PULANG KERUMAH : (indikasi pulang perawatan)Penderita tidak demam selama 48 jam.Tidak batuk.Leucocyt kembali normal.Trombocyt kembali normal.CPK kembali normal dan Uji fungsi hati kembali normalPerbaikan Foto Toraks.
ISOLASI RUMAH : (HOME ISOLATION)
Mengukur suhu tubuh dua kali sehari, apabila suhu mencapai lebih dari 38° C dua kali berturut-turut maka penderita harus melapor ke RS.Hindari kontak dengan orang lain dirumah semaksimal mungkin.Pemeriksaan ulang/kontrol dilakukan satu minggu setelah pulang, pemeriksaan kontrol dilakukan Foto Toraks dan uji lain yang abnormal.Gunakan masker ( N95 tipe 8210, atau surgical mask).Penderita baru boleh masuk kerja/sekolah setelah 14 hari pulang dari Rumah Sakit.
KEMBALI KE TRIAGE RUMAH SAKIT.
Penderita yang telah menjalani isolasi rumah, tetapi sebelum empat belas hari telah menunjukkan gejala Sars (Mis. Demam >380C)Penderita pasca perawatan dapat melakukan kontrol pada Triage Instalasi Rawat Darurat atau Poliklinik Paru.( sesuai Indikasi )
(diolah dari berbagai sumber)

No comments: