Tuesday, June 17, 2008

APA ITU SARS (1)

DEFINISI
SARS adalah infeksi saluran napas akut berat disebabkan oleh coronavirus। Sars merupakan salah satu type pneumonia atipik. atau SARS adalah Pneumonia yang didapat melalui penularan di masyarakat atau lazim disebut Community Acquired Pneumonia ( CAP ).

SUSPECT CASE adalah Seseorang setelah 1 November 2002 menderita sakit dengan gejala demam tinggi (>38°C), dengan satu atau lebih gejala gangguan pernapasan yaitu batuk, napas pendek, kesulitan bernapas,dengan satu atau lebih keadaan berikut; dalam 10 hari terakhir sebelum sakit mempunyai riwayat kontak erat dengan seseorang yang didiagnosis sebagai penderita SARS atau dalam 10 hari terakhir sebelum sakit melakukan perjalanan ke " Affected Areas"

KONTAK ERAT adalah orang yang merawat, tinggal serumah atau berhubungan langsung dengan cairan saluran pernapasan atau jaringan tubuh penderita SARS।

AFFECTED AREAS adalah Negara (daerah) yang mempunyai penderita yang menjadi sumber penularan langsung virus SARS।

PROBABLE CASE adalah Suspect case dengan gambaran foto thoraks menunjukkan tanda-tanda Pneumonia atau " Respiratory Distress Syndrome" (RDS) atau seseorang yang meninggal karena penyakit saluran pernapasan yang tidak jelas penyebabnya dan pada pemeriksaan autopsi ditemukan tanda patologis berupa RDS yang tidak jelas penyebabnya.PNEUMONIA adalah peradangan pada jaringan paru yang disebabkan oleh bakteri tipik atau atipik (Mis. virus, mycoplasma, legionella, chlamydia). Pneumonia dapat disebabkan juga oleh jamur, parasit dan tidak termasuk yang mycobacterium tuberculosis.

GEJALA SARS :
Demam tinggi lebih dari 38 derajat celciusSalah satu atau lebih gangguan pernapasan. Napas pendekKesulitan bernapasDapat diserta dengan sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan menurun, bingung, kulit kemerahan dan diare.Dan salah satu dari beberapa hal berikut : Dalam 10 hari terakhir telah kontak erat dengan seseorang yang telah didiagnostik SARS ( yang merawat, serumah dengan yang merawat, atau secara langsung telah terkontak dengan cairan pernapasan dan cairan tubuh penderita SARS ).Dalam 10 hari terakhir melakukan perjalanan ketempat yang dilaporkan sebagai fokus penularan ( Daerah Penularan ).

LABORATORIUM :
( pemeriksaan yang dilakukan / sesuai indikasi )
Spesimen darah (EDTA, Beku / Serum) dapat diambil di Triage Instalasi Rawat Darurat atau diruang perawatan, Spesimen oleh petugas laboratorium dikirim keLitbangkes kemudian ke Namru untuk seterusnya ke CDC Atlanta।(")RUTIN : Darah Rutin : Limfosit,Trombosit, leukosit,Hb.Albumin/Globulin, SGOT/SGPTCreatine KinaseA G D. CPK. - LDH.Aspartat Aminotransferase, Alanine AminotransferaseMikrobiologi : Kultur SputumSputum Acid Fast Bacilli.Nasopharyngeal Aspirate for Rapid Viral Antigen Detection. Serologic analysis : C.Penumoniae,C.Psittaci,M.PneumoniaeUrinary Antigen Detection: S.Pneumoniae,L.Pneumophilae.

RADIOLOGI :
Pemeriksaan akan dilakukan selama 24 jam dengan menggunakan dua pesawat radiologi, satu pada ruang Instalasi dan satu lagi pesawat radiologi yang mudah bergerak dan berada didalam ruangan perawatanPemeriksaan Foto Toraks dengan gambaran Infiltrat pada Foto Toraks adalah menunjukan bahwa kasus ini adalah kasus SARS.
(diolah dari berbagai sumber)

No comments: